Dirgahayu Indonesia 76 dari Ilmuwan Psikologi

HUT RI 76

Usia kemerdekaan kita 76 tahun setelah proklamasi pada 17 Agustus 1945. Telah banyak peristiwa yang merubah dunia terutama masyarakat Indonesia. Berpuluh tahun, bahkan ratusan tahun Indonesia dijajah oleh bangsa asing. Saat ini Indonesia memiliki keberagaman budaya, bahasa, suku, dan berbagai fenomena lingkar kehidupan. Masyarakat telah merevolusi diri dalam mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan dalam segala bidang, namun semua itu memiliki resiko bagi umat manusia hingga menimbulkan kecemasan sebagai respon.

Perkembangan psikologi sebagai ilmu menjadi wadah berbagai eksperimen dalam mengobati berbagai gejala psikis yang muncul. Masuknya psikologi menjadi tolak ukur dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Indonesia. Sebagai negara yang kaya akan perbedaan mampu meningkatkan kesadaran manusia yang adaptif dalam organisasi kehidupan. Psikologi bersinergi dalam berbagai bidang ilmu hingga saat ini, sehingga menjadi hal yang lumrah karena psikologi memiliki lingkup kajian yang luas dalam kehidupan sehari-sehari.

Psikologi hadir dalam sebuah keilmuan, di tengah dinamika sosial budaya yang terus berubah dan berkembang secara global. Kesehatan mental perlu dijaga guna menunjang kesehatan fisik yang terus digerakkan sebagai motor dalam pemenuhan kehidupan. 76 tahun tidaklah waktu singkat dalam berproses, mari kita terapkan hidup sehat untuk mental yang kuat. Semoga masyarakat Indonesia semakin makmur dan memiliki mental yang kuat dari dalam diri.

Salam Ilmuwan.