Metode Penelitian Psikologi

kent.ac.uk

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia, sehingga setiap pemikiran dan tingkah laku manusia tentu membuat banyak orang merasa bahwa ilmu psikologi merupakan ilmu yang belum pasti dan juga berkembang seiring perkembangan waktu dan lingkungan. 

Namun perlu diketahui bahwa psikologi sebagai ilmu pengetahuan merupakan hal yang kompleks agak sulit. Namun karena perkembangan itulah muncul berbagai metode penelitian yang dapat membantu mengungkap tujuan dari penelitian agar menjadi jelas dan terarah.

Terdapat beberapa macam dalam metode penelitian  sesuai dengan kebutuhan dalam mengeksplorasi gejala dan variabel psikologi secara ringkas, antara lain:

Eksperimen

Metode ini biasanya paling umum untuk dijadikan metode dalam setiap penelitian karena mencari hubungan atau peengaruh dari variabel. Pada metode ini peneliti dapat merubah tujuan dari sebuah penelitian yang hendak dirancang. Sebagai contoh kita akan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh orag-orang sekitar, namun kita ingin merubah pola pikir mereka dengan menempatkan beberapa variabel agar terjadi hal-hal yang menjadi tujuan peneliti maka dengan metode ini banyak dan cocok digunakan dalam mengintervensi perilaku penelitian psikologi.

Observasi

Pada metode observasi ini dilakukan dengan ketidaksengajaan atau dengan cara menjadi pengamat dalam proses penelitian. Pada metode ini proses pengambilan data denga cara mengamati berbagai perilaku yang sehari-hari dilakukan oleh subjek penelitian daam sebuah objek penelitian. Metode observasi dimaksudkan untuk melihat peristiwa secara alamiah subjek yang dituju dengan tidak menambah unsur subjektifitas di dalamnya.

Wawancara

Metode tanya jawab antara pemeriksa dengan yang klien bertujuan dapat mengungkapkan pendapat, pandangan, dan isi hati. Sehingga metode wawancara ini dapat melihat latar belakang kehidupan klien yang akan kita ketahui. Misal kita ingin melihat bagaimana orang tersebut mengalami trauma, maka metode wawancara ini dapat kita terapkan mulai apa yang pernah dialami sebelumnya terkait trauma yang diderita.

Kuisioner

Metode ini menggunakan instrumen pertanyaan secara tertulis kepada responden dengan pilihan yang sudah disediakan oleh peneliti. Dalam penggunaan metode ini ditujukan untuk mengetahui sikap pada suatu populasi dengan mengambil sejumlah sampel untuk menjadi responden penelitian, namun dengan kriteria yang suudah ditentukan oleh peneliti.

Cross sectional

Metode penelitan jenis ini sering digunakan untuk menentukan karakteristik yang berlaku dalam suatu populasi pada suatu titik waktu tertentu. Contohnya dari metode ini dapat digunakan untuk menentukan apakah paparan faktor risiko tertentu mungkin berkorelasi dengan hasil tertentu. Peneliti mungkin mengumpulkan data tentang kebiasaan merokok di masa lalu dan diagnosa kanker paru-paru saat ini. Sementara jenis penelitian ini tidak dapat menunjukkan sebab-akibat, itu dapat memberikan sekilas korelasi yang mungkin ada pada titik tertentu.

Studi kasus

Metode ini mengacu pada penyeledikan tindakan dan perilaku individu dengan mengungkap fenomen yang dianggap sedang terjadi oleh peneliti. Metode penelitian satu ini juga umum digunakan untuk meneliti suatu fenomena atau objek penelitian yang kompleks. Biasanya studi kasus banyak digunakan dalam penelitian kualitatif dalam mengungkap fenomena yang sedang terjadi.

Studi Pustaka

Metode penelitian ini adalah dengan mengumpulkan berbagai hasil penelitian yang sudah dikerjakan ssebelumnya sehingga dapat ditemukan kesimpulan dari berbagai hasil penelitian yang hendak dituju. Studi pustaka biasa dikenal cara mereview literatur dengan cara meta analisis dan merangkum hasil penelitian yang terpublikasi sebagai jurnal.

Dalam penelitian tentu diperlukan metode yang relevan dengan kebutuah sehingga dapat mengungkap fenomena dan dapat mengambil kesimpulan dari hasil analisis yang  telah dilakukan. Oleh karena itu terkadang dalam menjalankan penelitian tidak hanya terpaku pada satu metode, namun dapat juga dengan menggabungkan berbagai metode dalam satu penelitian dan sekali lagi semua tergantung kebutuhan dan relevansi tujuan penelitian.