Psikologi dan Implikasinya

 
Secara garis besar semua ilmu sangatlah berguna bagi kelangsungan hidup manusia karena perkembangan zaman semakin meningkatkan kebutuhan manusia hingga sampai terpenuhi satu persatu. Namun karena saya alumni dari mahasiswa psikologi maka kita akan membahas implikasi dari psikologi bagi lingkungan masyarakat.

Bila kita merujuk psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berkutat pada objek manusia dan lingkungannya maka tidak salah lagi bahwa dimanapun kita hidup dan tinggal maka ilmu tersebut akan terus dapat digunakan. Selama manusia lahir ke dunia, selama manusia itu saling hidup bersosialisasi bersama dan melahirkan berbagai dinamika kehidupan, maka psikologi memberikan andil cukup besar bagi ilmu lainnya.

Sama hal nya dengan matematika yang telah kita pelajari dari Sekolah Dasar (SD) hingga dipakai saat ini pada stastitika, fisika, bahkan ilmu ekonomi sekalipun matematika tetap digunakan, maka psikologi juga dapat diaplikasikan di berbagai disiplin ilmu lainnya dengan catatan selama terdapat makhluk hidup di dalamnya.

 Objek kajian psikologi adalah manusia dan lingkungannya 

Perlu saya sampaikan berdasarkan opini saya saat ini psikologi banyak digunakan di berbagai kebutuhan aspek kehidupan. Contohnya saja seperti marketing, tentu seorang praktisi akan menggunakan sebuah riset sederhana guna menarik perhatian konsumen dalam memasaran produknya. Contoh lain lagi yaitu mengenai peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, maka guru diajarkan bagaimana memanage seorang siswa yang memiliki kepribadian dan cara belajar yang mumpuni. Dari beberapa contoh tersebut masih banyak lainnya yang berkaitan dengan psikologi dalam kehidupan sehari-hari. 

Bila ditelaah kembali hal tersebut tidak hanya mengada-ada saja, namun adanya penelitian terdahulu dari berbagai para tokoh yang akhirnya melahirkan berbagai macam teori dan alirannya. Mengapa demikian? karena objek manusia dan lingkungannya tidak akan berhenti hingga kiamat datang dan menghancurkan alam semesta.

Jadi jangan ragu bila ingin belajar psikologi dan mendaftarkan diri untuk menjadi seorang psikolog atau ilmuwan di bidang psikologi, selama dapat membantu lingkungan dan masyarakat agar tetap sehat secara mental. Sangat besar implikasi psikologi sebagai bidang ilmu di masyarakat, karena hakikatnya kelompok individu akan melahirkan berbagai macam keterkaitan masalah sehingga menjadi kompleks di lingkungan hidupnya.

Demikianlah opini dari saya semoga dapat membantu mencerahkan saudara-saudara pembaca yang bingung ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi. Salam ilmuwan.