Harus Tahu Sebelum Kuliah Jurusan Psikologi

Freepik

Perlu kita ketahui bahwa psikologi merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan serta terapan yang mempelajari mengenai perilaku, fungsi mental, dan psroses mental manusia melalui  berbagai prosedur ilmiah. 

Silakan baca ulasan untuk lebih jelasnya Mengenal Psikologi

Jika sobat masih duduk di bangku SMA saat ini dan berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan psikologi maka sobat harus benar-benar mengenal apa sajayang harus dipelajari. Baiklah mari kita bahas berdasarkan Ilmuwan Psikologi yang perlu diperhatikan:

1. Tidak Hanya Menghafal namun Juga Menghitung

Biasanya calon mahasiswa yang baru lulusa SMA bosan dengan matematika dan hitung menghitung. Bagi sobat yang akan melanjutkan kuliah hingga pendidikan yang lebih tinggi nantinya dan berusaha untuk menghindari hitungan maka masuk jurusan psikologi bukan pilihan yang tepat. Statistika merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh dalam setiap perkuliahan psikologi, bahkan terdapat beberapa tahapan dalam mempelajari statistik dari yang mulai stastitik dasar hingga psikometri. Dalam penelitian tugas akhir nanti sobat juga perlu menerapkannya dalam metedolgi kuantitatif yang mana prosesnya akan dibantu oleh program komputer. Maka dari itu bila sobat yang beranggapan bahwa kuliah paikologi hanya berupa hafalan dan mencoba menghindari hitungan maka tidak tepat. Namun bila penasaran semua bisa dipelajari dalam perkuliahan.

2. Dapat berempati 

Dalam dunia psikologi kita dituntut untuk dapat berempati dengan makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari. hal ini sangat perlu kita terapkan karena hubungannya dengan sangat erat kaitannya dengan hubungan interpersonal kita. Rasa empati sangat dibutuhkan karena kita sebagai calon ilmuwan psikologi atau psikolog harus dapat memposisikan diri kita sebagaimana klien kita dalam mengahadapi problem yang dihadapi. Selain itu dengan memiliki rasa empati kita dapat lebih ramah terhadap makhluk sosial lainnya yang ada di sekitar kita. 

3. Berjiwa Sosial Tinggi

Menurut saya hal ini tidak terlalu mutlak namun perlu sangat perlu diperhatikan karena sebagai mahasiswa psikologi biasanya diberikan kesempatan atau peluang dalam berbagai event dalam bidang kemanusiaan karena berkaitan erat dengan lingkup sosial kita nantinya. Kita sebagai ilmuwan psikologi atau psikolog nantinya pasti akan terlibat dalam berbagai bidang kemanusiaan seperi healing bagi korban kekerasan, trauma, memotivasi belajar peserta didik, proses rekrutmen wawancara, konselor dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu jiwa sosial kita harus diasah semenjak kita akan memilih di jurusan psikologi meskipun tidak signifikan.

4. Menjadi Psikolog

Bila sobat berencana akan menjadi seorang psikolog tentu untuk memilih jurusan psikologi ketika lulus SMA, karena seorang calon psikolog harus berasal dari sarjana psikologi sesuai dengan ketentuan Setelah menyelesaikan sarjana maka diwajibkan untuk melanjutkan jenjang profesi psikologi sehingga setelah lulus nanti dapat disebut sebagai psikolog. Seorang psikolog harus memiliki dasar keilmuan ketika jenjang sarjana, maka hal ini tidak bisa dipungkiri bila seorang psikolog harus memiliki jurusan yang linear.

Baik demikian informasi apabila sobat akan melanjutkan kuliah dan masih bingung memilih jurusan apa yang sesuai dengan pribadi masing-masing.