Peran Psikologi Masa Kini

etalaseserpong.com

Masa pandemi seperti sekarang ini, peran psikologi pada berbagai bidang sangat dibutuhkan, terdapat lima bidang psikologi yang paling diminati.

Psikologi Industri dan Organisasi,

melihat bagaimana individu beradaptasi adanya perubahan budaya kerja yang biasanya bekerja di kantor tapi sekarang ada beberapa yang perusahaannya menerapkan Work From Home (WFH) atau yang biasanya meeting dengan tatap muka melalui laptop atau gawai, sekarang semua harus dilakukan secara daring.

Apakah ada karyawan yang mengalami stres kerja karena kondisi ini, bagaimana dengan PHK yang diberlakukan perusahaan karena efek dari pandemi ini, kesejahteraan karyawan di rumah, tentu masih banyak lagi fenomena yang terjadi

Psikologi Pendidikan

Saat pandemi ini lembaga belajar dan orang tua dituntut dapat mengimbangi seorang anak dalam proses belajar mengajar secara daring. Namun apakah hal tersebut memberikan dampak yang baik bagi perkembangan anak dalam keberlangsungan proses belajar seorang anak.

Maka peran psikologi pendidikan dalam pendidikan berguna dalam memberikan adaptasi dalam proses belajar bagi keberlangsungan anak.

Psikologi Perkembangan

Lingkungan tempat tinggal mengajarkan kita dalam berbagai hal kebutuhan yang harus dipenuhi, sebagai contoh yang biasanya anak-anak sekolah bertemu dengan teman-teman atau anak bayi yang bisa ikut sekolah PAUD atau TK guna melatih sensorik-motorik, adapatasi dengan lingkungan baru, bergaul dengan banyak orang, sekarang hanya bisa di rumah dengan fasilitas seadanya.

Apakah hal ini akan mempengaruhi tahap perkembangan anak? menurut temen-temen bagaimana?
 

Psikologi Klinis

Salah satu artikel dari Yahoo! News banyak penyintas COVID-19 kemungkinan berisiko lebih besar terkena penyakit mental. Hasil dari penelitian tersebut, 20% yang terinfeksi virus corona didiagnosis dengan gangguan kejiwaan dalam 90 hari.

Oleh karena itu, para psikolog dan psikiater mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi gelombang baru setelah pandemi ini selesai.
Psikologi Sosial

dimana saat ini jika diperhatikan di lingkungan sekitar, banyak sekali orang-orang yang memiliki perubahan tingkah laku karena pandemi ini. Ada yang mulai menutup diri dengan tidak kemana-mana, takut untuk berada dikeramaian, dan masih banyak lagi perubahan tingkah laku tiap individu. Tetapi, ada juga yang masih sama tingkah lakunya baik sebelum dan saat pandemi di lingkungan masyarakat tempat tinggal.

Setiap bidang psikologi memiliki tugas dan fungsi masing-masing dalam membangun dan menciptakan inovasi setiap problematika kehidupan. Tentu hal ini berkaitan dengan keberlangsungan hidup dan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi pada dinamika kehidupan dan semuanya tentu saling berkesinambungan.