Psikologi Perkembangan (Developmental psychology)

KlikDokter

Pengertian Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan ialah bagian dari psikologi yang mempelajari perkembangan manusia, sejak manusia diciptakan atau konsepsi sampai meninggal dunia. Psikologi perkembangan masih bisa di bagi-bagi lagi, misalnya psikologi anak, psikologi remaja, dan psikologi dewasa. Untuk menyebut psikologi perkembangan terkadang menggunakan istilah psikologi anak atau psikologi genetik.

Dalam memahami psikologi perkembangan, ada baiknya kita ketahui apa yang di maksud dengan perkembangan. Mulanya kata perkembangan berasal dari biologi, kemudian pada abad ke-20 ini kata perkembangan di pergunakan oleh psikologi. Dalam psikologi perkembangan ini yang di bahas adalah perkembangan rohani sejak manusia lahir sampai dia menjadi dewasa. Dalam perjalanan hidupnya menjadi dewasa, perkembangan rohani itu tidak lepas dari pengaruh keturunan dan pengaruh dunia lingkungan tempat seseorang hidup dan di besarkan.

Manfaat Belajar Psikologi Perkembangan

Dengan belajar psikologi perkembangan kita bisa mendapatkan beberapa manfaat, antara lain:
  1. Dapat memunculkan sifat senang bergaul dengan orang lain terutama anak-anak, remaja, dengan penuh perhatian kepada mereka. Baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
  2. Bisa mengarahkan seseorang untuk berbuat dan berperilaku sesuai dengan tingkat perkembangan orang lain.
  3. Khususnya bagi pendidik bisa memahami dan memberikan bimbingan kepada anak sesuai dengan taraf perkembangan anak didiknya, sehingga proses pendidikan akan berjalan dengan sukses dalam mencapai tujuannya.
  4. Mendapat pengetahuan tentang perkembangan yang bisa memberikan harapan dan realistis yang tepat terhadap perilaku seseorang.
  5. Mendapat pengetahuan tentang perkembangan yang bisa membantu dalam memberikan respon yang tepat terhadap perilaku seseorang.
  6. Mendapat pengetahuan tentang perkembangan dan bisa membantu untuk mengenali kapan perkembangan seseorang terjadi.
  7. Membantu mendalami diri sendiri.

Kesimpulan

Psikologi Perkembangan adalah suatu ilmu yang membahas tingkah laku manusia yang sedang dalam masa perkembangan, mulai masa dalam kandungan sampai meninggal dunia, dan selanjutnya berdasarkan pertumbuhan, kematangan, belajar dan pengalaman.
 
 

Referensi:
  1. Hurlock, E. B. (1994). Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.
  2. Zulkifli. (2003). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya.