Bedanya Psikologi Saintek dan Soshum

iStockphoto
Sebelum memilih jurusan kuliah mungkin beberapa dari calon mahasiswa yang lulus SMA mulai tertarik pada jurusan psikologi. Setelah mengetahui tentang bagaimana itu jurusan psikologi pada jurusan perkuliahan maka akan ada banyak sekali bidang yang terbagi di dalamnya, namun tahukah bahwa pada jurusan psikologi memiliki keunikan. Jurusaan psikologi memiliki dua jalur pilihan, pembagian jalurnya antara lain Psikologi kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dan Psikologi kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum).

Perbedaan Psikologi Saintek dan Soshum

Psikologi Saintek biasanya berada pada Fakultas Kedokteran dan selalu berhubungan dengan sains. Hal ini tidak berbeda jauh dengan hakikat dari psikologi yang mempelajari ilmu sosial, namun Psikologi Saintek lebih kepada klinis. Psikologi Saintek ini mempelajari hal yang lebih dalam ketika membahas melalui segi kesehatan, dikarenakan hal ini berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran kebanyakan.

Lalu, untuk Psikologi Soshum sendiri lebih menekankan kepada sosial dan humaniora namun tetap mengandalkan ilmu sains dalam proses belajar. Sehingga tetap saja Psikologi Soshum ini belajar tentang statistik dan alat ukur yang berhubungan dengan angka-angka.

Universitas di Indonesia Psikologi Saintek

Jika calon mahasiswa dari jurusan IPA dan ingin melanjutkan perkuliahan di Psikologi Saintek, maka dapat memilih kampus berikut:
  1. Universitas Padjajaran
  2. Universitas Sriwijaya
  3. Universitas Hasanudin
  4. Universitas Andalas
  5. Universitas Sebelas Maret 

Baca juga: Bedanya antara Psikolog dan Ilmuwan Psikologi

Universitas di Indonesia Psikologi Soshum

Jika kamu calon mahasiswa dari jurusan IPS atau siswa jurusan IPA yang tertarik untuk lintas jurusan, maka dapat memilih kampus berikut:
  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada 
  3. Universitas Dipenogoro 
  4. Universitas Airlangga 
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Udayana 
  7. Universitas Negeri Jakarta
  8. Universitas Negeri Makassar
  9. Universitas Airlangga
  10. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pada dasarnya Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum memiliki perbedaan yang tidak jauh di dalam proses pembelajaran. Untuk materi perkuliahan dan program di masing-masing universitas memiliki berbagai macam pilihan masing-masing. Tidak ada perbedaan signifikan antar kedua pilihan karena memiliki dasar ilmu yang sama, keduanya dapat melanjutkan pendidikan magister dan menjadi calon psikolog apabila mengambil profesi psikologi.