Mengenal Skizofrenia

psu.edu

Penyakit mental satu ini bisa terjadi oleh beberapa individu dan terjadi jangka panjang. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi atau waham, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku. Gejala tersebut merupakan gejala dari psikosis, yaitu kondisi di mana penderitanya kesulitan membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri.

Pengertian Skizofrenia

Skizofrenia ini merupakan gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan baik.

Penyebab pasti munculnya skizofrenia belum diketahui secara pasti, namun kombinasi faktor genetika, faktor lingkungan, serta struktur dan senyawa kimia pada otak yang berubah mungkin berperan atas terjadinya gangguan tersebut muncul.

Tanda Skizofrenia

Skizofrenia ditandai dengan pemikiran atau pengalaman yang nampak tidak berhubungan dengan kenyataan, ucapan atau perilaku yang tidak teratur, dan penurunan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari. Kesulitan dalam berkonsentrasi dan mengingat.

Penanganan Penderita Skizofrenia

Penanganan biasanya seumur hidup dan sering melibatkan kombinasi obat psikoterapis, dan layanan perawatan khusus terkoordinasi.

Skizofrenia dapat terjadi oleh siapapun dan belulm diketahui penyebab pastinya, namun untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan terapis dan dukungan sosial dalam penanganannya. Selain itu untuk meredakan munculnya skizofrenia dapat dengan menggunakan obat yang telah diijikan oleh terapis atau psikiater.

Referensi: