Fenomena Efek Halo (Halo Effect)

Onedio

Efek Halo merupakan bias kognitif yang terjadi apabila kesan menyeluruh seseorang atau sesuatu didapat dari menggeneralisasi salah satu karakteristiknya. Efek Halo terjadi ketika kesan pertama ketika bertemu dengan orang lain dan kita belum mengenalnya secara mendalam.

Dengan kata lain, Efek Halo terjadi ketika seseorang membuat penilaian tentang orang lain hanya berdasarkan salah satu sifat atau karakter yang biasanya ditunjukkan pada kesan pertama. Sebenarnya fenomena ini sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari tanpa disadari tentunya. Kecenderungan kita menilai seseorang

Misalnya saja ketika berkenalan dengan pegawai baru di kantor yang berpenampilan menarik dan rapi, otak kita akan langsung berpikir bahwa dia adalah orang yang baik hati dan kompeten. Padahal belum tentu benar demikian, karena bagaimana pun juga, penilaian tersebut merupakan penilaian secara sepintas tanpa kita mengenal lebih dekat karakteristik kepribadian dia yang sebenarnya.

Orang yang mengalami Efek Halo cenderung berperilaku mendukung penilaian yang telah mereka berikan kepada orang lain. Jadi ketika seorang yang telah kita yakini memiliki sifat-sifat positif berbuat suatu kesalahan, kita tidak akan semerta-merta merubah pandangan kita terhadap orang tersebut, melainkan cenderung memakluminya. Inilah alasan mengapa membuat kesan pertama yang baik pada setiap orang itu penting.
 
Penting untuk lebih mengenal seseorang lebih jauh lagi agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan kita, tetap menjadi smart people dalam upaya antisipasi kita apabila mengarah hal yang dapat merugikan kita sebagai pihak yang baru mengenal seseorang.