Psikologi Industri & Organisasi (Industrial/Organizational Psychology)

Dictio Community

 

Pengertian Psikologi Industri dan Organisasi

Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) merupakan cabang ilmu psikologi yang menerapkan prinsip-prinsip psikologi pada lingkungan kerja yang bertujuan untuk meningkatkan performa karyawan serta organisasi tempat individu bekerja dengan mengembangkan ilmu pengetahuan mengenai perilaku (Rucci, 2008).

Perbedaan mendasar antara PIO dengan bidang keilmuan lainnya terdapat pada penerapan prinsip-prinsip psikologi seperti contoh: Teori behavioral digunakan untuk mengembangkan program pelatihan serta penguatan, teori psikologi sosial mengkaji mengenai pembentukan team dan konflik pada karyawan.

Fokus Psikologi Industri dan Organisasi

Selain itu fokus penelitian pada faktor-faktor yang mempengaruhi individu yang ada dalam sebuah organisasi sehingga dapat merancang pengembangan individu. Kemudian pada hasil temuan penelitian dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas serta efektivitas organisasi.

Pendekatan Industrial menekankan pada menentukan kompetensi yang dibutuhkan sebuah pekerjaan, mempekerjakan karyawan yang memiliki kompetensi pada pekerjaan tersebut, serta meningkatkan kinerja karyawan melalui program pelatihan.

Kesimpulan

PIO merupakan sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia saat berada dalam situasi pekerjaan. Berfokus pada pengembangan individu dalam perusahaan, serta mengkaji praktisi atau psikolog PIO akan menggunakan penelitian sebagai landasan dalam pembuatan keputusan.


Referensi:

  1. Aamodt, M. G. (2010). Industrial/Organizational psychology: An applied approach. Belmont, CA: Wadsworth.