Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021

IlmuwanPsikologi.com
 

Hari kesehatan mental sedunia jatuh setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Pada peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun 2021 kali ini bertemakan secara global yaitu “Mental Health in an Unequal World” dengan subtema nasional “Kesetaraan Dalam Kesehatan Mental Untuk Semua”. Isu yang diangkat adalah tentang upaya perawatan kesehatan jiwa atau mental seharusnya diperuntukkan kepada semua orang.

Terutama saat pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang cukup masif terhadap semua kalangan. Tidak hanya perekonomian yang terdampak pandemi.  Kesehatan fisik serta kesehatan mental juga terganggu akibat dari pandemi saat ini.

Tujuan dari peringatan hari kesehatan mental sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya adalah dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan mental. Stress dan depresi adalah salah satu penyebab terbesar dari gangguan mental yang berdampak besar bagi berlangsungnya kehidupan hingga berujung pada kasus bunuh diri.

Dalam beberapa tahun terakhir terdapat peningkatan pengakuan akan pentingnya kesehatan mental sehingga dapat tercapai tujuan pembangunan global.


Penyunting: Methania Aris S., M.Pd.