Perkembangan Psikologi

Sketsa online
 
Membahas mengenai psikologi tentunya kita berpikir bahwa kita akan mengenal lebih dalam tentang berbagai kejiwaan pada setiap individu, tidak hanya diri kita. Namun dari zaman dahulu hingga sekarang berbagai perkembangan ilmu telah muncul karena dinamika kehidupan yang semakin kompleks, layaknya sebuah tumbuhan yang terus menumbuhkan daunnya melalui peradaban waktu, budaya, bahasa hingga kemajuan teknologi itu sendiri psikologi juga semakin berkembang hingga saat ini.

Psikologi berperan dalam mempelajari setiap dinamika kehidupan sosial kita, mulai dari hubungan intrapersonal hingga hubungan interpersonal. Berbagai tokoh dan dugaan teori telah muncul akibat dari temuan penelitian. 

 Sebelum masuk kepada tokoh psikologi mari kita bahas sejarah perkembangan psikologi.

Sejarah perkembangan psikologi tidaklah singkat sehingga dapat ditelusuri bahwa psikologi dapat ditemui pada masa Yunani kuno. Psikologi terlahir dari bidang ilmu yang kita kenal dengan filsafat yang sebelumnya sudah dipelajari dan ditemukan oleh Aristoteles. Filsafat sendiri juga ilmu yang mempelajari mengenai jiwa dan suatu kehidupan atau kekuatan hidup.

Aristoteles merupakan filsuf dan seorang ilmuwan pada masa Yunani kuno sehingga sejarah mencatat sebagai bapak psikologi. Aristoteles dianggap pencetus pertama yang membagi psikologi dari ilmu filsafat.

Sebelumnya Aristoteles menganggap bahwa jiwa merupakan suatu gejala dari suatu kehidupan manusia. Aristoteles beranggapan bahwa jiwa adalah suatu unsur kehidupan (anima), karena itu setiap makhluk hidup memiliki jiwa (soul).

Oleh karena itu sejarah panjang terjadi hingga sampai pada perkembangan ilmu dan pengetahuan di Eropa hingga pada benua Amerika. Pada saat ini psikologi menjadi populer di kalangan akademisi seperti mahasiswa dan kehidupan sehari-hari.

Hingga suatu saat muncul sebuah pemikiran ilmu yang mempelajari manusia dan juga alam (lingkungan).

Jadi seperti sejarah perkembangan psikologi secara singkat yang dikemukakan oleh seorang ahli filsuf hingga berkembang saat ini yang kita pelajari. Salam Ilmuwan.

Referensi: