Inilah Berbagai Bidang Dalam Psikologi

adventistreview.org

Psikologi merupakan kajian yang sangat luas dan memiliki objek penelitian yang beragam di sekitar lingkungan kehidupan kita. Lingkup psikologi memiliki kemampuan untuk bereksperimen dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga psikologi memiliki lapangan kajian dan terapan yang luas dan sangat beragam. dikutip dari situs Universitas Muhammadiyah Magelang tentang "Berkenalan dalam Psikologi" siapa pun yang belajar psikologi tidak akan kehabisan tempat untuk berkarya dan memanfaatkan ilmunya. Berikut ini adalah beberapa saja contoh bidang-bidang riset dan terapan utama psikologi:

  1. Psikologi Abnormal. Mempelajari perilaku manusia yang abnormal dan psikopatologi. Bidang ini fokus pada penelitian dan pengobatan bermacam-macam gangguan mental, sangat terkait dengan psikoterapi dan psikologi klinis.
  2. Psikologi Biologi atau Biopsikologi. Mempelajari bagaimana proses biologis dalam tubuh manusia mempengaruhi jiwa dan perilakunya. Bidang ini sangat berhubungan dengan neurosains.
  3. Psikologi Klinis. Berfokus pada assessment (penilaian), diagnosis, dan perawatan orang-orang dengan gangguan mental.
  4. Psikologi Kognitif. Mempelajari proses-proses yang berlangsung dalam pikiran dan kognisi manusia. Bidang ini meneliti topik-topik seperti perhatian, memori, persepsi, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, dan bahasa.
  5. Psikologi Perkembangan. Area ini mempelajari pertumbuhan manusia dan perkembangannya sepanjang hidupnya. Teori-teorinya membicarakan hal-hal seperti perkembangan kognitif, perkembangan sosial, moralitas, identitas, dan lain sebagainya.
  6. Psikologi Forensik. Adalah bidang terapan psikologi yang berfokus menggunakan teori-teori psikologi untuk menyelesaikan kasus-kasus hukum dan sistem peradilan pidana.
  7. Psikologi Industri dan Organisasi. Bidang yang menggunakan teori-teori psikologi untuk meningkatkan prestasi kerja, memilih karyawan, dan memelihara kesehatan mental karyawan.
  8. Psikologi Pendidikan. Bidang ini menerapkan teori-teori psikologi di bidang pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, menyelesaikan masalah-masalah akademik dan sosial siswa di sekolah, dan membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus.
  9. Psikologi Sosial. Berfokus memahami perilaku-perilaku kelompok masyarakat dan bagaimana masyarakat mempengaruhi perilaku seseorang. Topik yang diteliti di sini seperti sikap, prasangka, konformitas, dan agresi.
Sumber