Ciptakan Mental Positif, Kalahkan Pandemi

Due.com

Pandemi telah melanda berbagai negara secara global, hingga saat ini telah terjadi banyak korban akibat tertular virus Covid-19. Berbagai negara telah mengupayakan hal terbaik bagi warga terkhusus bagi pasien yang terpapar oleh virus Covid-19 ini. Semakin hari semakin mengingkat jumlah korban yang terus berjatuhan, tim medis juga telah dikerahkan dengan penggunaan APD lengkap.

Tidak sedikit kejadian ini memicu rasa cemas akan ketidakpastian saat kondisi pandemi seperti ini. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa seseorang harus tetap berpikir positif agar dapat melangsungkan kehidupan di era pandemi ini. Maindset yang positid akan melahirkam tindakan yang positif sehingga dapat memicu berbagai reapon dari dalam tubuh terutama otak. Hal inilah yang menjadi penunjang bagi pasien penderita Covid-19, namun sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup makan, minum, obat, vitamin juga perlu diterapkan.

Selain menggunakan pengobatan medis, berbagai layanan psikologi gratis telah diupayakan oleh pemerintah, dengan menyebarkan nomor Psikolog sebagai relawan dalan mengobati jiwa sesorang maka kecemasan menjadi berkurang bagi masyarakat yang merasa terancam hidupnya. Lalu bagaimana kita agar bisa selamat dari persebaran virus? Baik mari kita bahas dan rangkum

Makan dan Minum Teratur

Tubuh memerlukan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah makan dan minum. Hal ini menjadi dasar bagi kita untuk dapat memenuhi insting berupa lapar dan haus. Tapi tahukah bahwa dengan makan dan minum yang banyak maka kita terhindar dari virus Covid-19, asalkan tidak sampai kelaparan atau bila hilang nafsu makan sebaiknya tetap diupayakan untuk mengkonsumsi makananan. Nutrisi makanan dalam tubuh akan menyalurkan melalui otak sehingga akan mempengaruhi cairan dalam tubuh.

Istirahat Cukup

Ketika pandemi saat ini waktu istirahat semakin sedikit biasanya, karena kebanyakan pekerjaan dilakukan work from home (WFH). Dari berbagai sumber dan observasi beberapa karyawan yang WFH di rumah melakukan progkrastinasi mendekati deadline ketika mengerjakan tugas. Karena waktu kerja digunakan oleh aktivitas lain di rumah atau di luar rumah yang biasanya tidak dilakukan pada jam kerja. Maka istirihat cukup menjadi hal wajib agar fisik dan otak kita tetap seimbang dalam meregenerasi tubuh. 

Olahraga

Aktivitas satu ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun dengan menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan sekitar. Dengan berolahraga tubuh menjadi lebih bahagia karena hormon endorfin yang diproduksi. Berolahraga juga dapat menghilangkan stress serta dapat menghilangkan ketidaknyamanan yang terjadi dari dalam tubuh.

Vitamin

Mengkonsumsi suplemen atau vitamin menjadi penunjang bagi tubuh kita saat pamdemi ini. Dengan meminum vitamin imun kita menjadi meningkat sehingga dapat menciptakan rasa percaya diri karena sehat. Suplemen juga diperlukan agar memanipulasi otak agar dapat mengkonsumsi makanan lebih banyak lagi.

Baca juga: Bersosialisasi Resep Sehat Mental

Aktivitas yang Produktif

Bukan hal tidak biasa menjalankan aktivitas yang sehari-hari kita lakukan. Namun dengan adanya pandemi serta berbagai batasan dalam hal bersosialisai kebanyakan orang enggan untuk melakukan sesuatu di luar rumah agar tidak terjadi penularan virus. Dari beberapa wawancara seseorang akan merasa nyaman ketika berada di dalam rumah, namun ketika tidak melakukan aktivitas yang menarik maka akan muncul rasa bosan, kesendirian, cemas, bahkan stress. Maka ciptakan aktivitas yang positif agar otak kita menjadi lebih sibuk dan fokus pada hal-hal yang produktif.

Konseling

Saat ini telah banyak diadakan layanan Psikolog gratis oleh pemerintah. Dengan memanfaatkan layanan ini seseorang tidak merasa kesepian atau cemas karena tidak dapat memecahkan masalahnya ketika terjadi pandemi. Layanan Psikolog tersedia melalui aplikasi chatting sehingga masyarakat tidak harus berinteraksi langsung dan dapat menghindari penularan virus. Dari hasil wawancara disebutkan pasien pasca Covid-19 lebih percaya diri ketika melakukan konseling dengan Psikolog.

Dengan menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan denga sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan maka kita terhindar dari paparan virus Covid-19. Dengan tetap berpikir positif maka kita akan terhindar dari segala rasa cemas, hal ini akan membentuk konsep diri kita agar virus Covid-19 dapat kita taklukkan.

 

Penyunting: Methania Aris S., M.Pd.