Psikologi Pendidikan (Educational Psychology)

ilustrasi.ist

Pengertian Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan menurut sebagian ahli adalah subdisiplin psikologi , bukan psikologi itu sendiri. Mereka menganggap psikologi pendidikan tidak memiliki teori, konsep, dan metode sendiri. Hal ini konon terbukti dengan banyaknya hasil-hasil riset psikologi-psikologi lain yang diangkat menjadi teori, konsep, dan metode psikologi pendidikan.

Dalam beberapa pandangan pandangannya, psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Penerapan prinsi-prinsip belajar dalam kelas
  2. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
  3. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
  4. Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif
  5. Penyelenggaraan pendidikan keguruan.
Dalam Dictionary of Psychology, Psikologi pendidikan adalah "cabang dari psikologi terapan yang menerapkan prinsip-prinsip dan penemuan psikologi terhadap pendidikan, serta kajian psikologi terhadap masalah-masalah pendidikan

Tujuan Psikologi Pendidikan

Konsep pendidikan pada hakikatnya adalah pelayanan yang khusus diperuntukkan bagi siswa (orang-orang yang sedang belajar). Keberadaan psikologi pendidikan pada dasarnya adalah untuk mempermudah pendidik dalam menrapkan proses belajar mengajar.

Pengetahuan mengenai psikologi pendidikan bagi para tenaga pendidik berperan penting dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan. Hal ini disebabkan eratnya hubungan antara psikologi khusus tersebut dengan pendidikan, seerat metodik dengan kegiatan pengajaran. 

Saat ini peran psikologi pendidikan akan memberikan teori teori bagaimana seorang perancang pembelajaran menata pembelajaran dari cara membuat perencanaan pembelajaran, mengelola pembelelajaran, membua pembimbingan bagi peserta didik, sampai pada menetapkan proses keberhasilan.

Kesimpulan

Psikologi pendidikan memberikan gambaran dan penerangan tentang pengalaman-pengalaman belajar seorang individu sejak dilahirkan sampai usia tua. Pokok persoalannya adalah mengenai keadaan-keadaan yang dapat mempengaruhi belajar. Oleh karena itu para guru, konselor, dan semua personal dalam institusi pembelajaran perlu di usahakan, dimana pokokpokok persoalan dalam psikologi pendidikan adalah merenungkan bagaimana menambah intensifikasi penyelidikan-penyelidikan di lapangan.


Referensi:

  1. Lester D Crow&Alice Crow. (1984). Educational psychology. PT Bina Ilmu.
  2. Nurliani. (2016). Studi psikologi pendidikan. Jurnal As-Salam. 1(2), 39-51