Fenomena Efek Barnum (Barnum Effect)

 

Osmany Ndoky
 

Efek Barnum merupakan istilah psikologi untuk menyebut kondisi di mana orang memercayai deskripsi tentang diri mereka sendiri yang bersumber dari pengetahuan non-ilmiah seperti astrologi, tarot, ramalan, garis tangan, aura, paranormal yang dianggap terkhusus untuk diri mereka padahal deksripsi tersebut sifatnya umum dan berlaku kepada setiap orang.

Hasil tes atau pembacaan tarot yang Anda dapatkan sebenarnya juga berlaku bagi orang lain, baik yang Anda kenal maupun tidak. Akan tetapi, efek ini memberikan kesan seolah Anda berbeda, unik, dan tidak dapat disamakan dengan siapa pun.

Dunia psikologi telah sejak lama mempelajari fenomena Barnum serta kegunaannya. Salah satu manfaatnya adalah Anda dapat menanamkan sugesti positif kepada orang lain melalui efek ini.

Pada sebuah eksperimen, beberapa ilmuwan membuat deskripsi kepribadian sekelompok orang dengan komputer. Di sisi lain, para subjek penelitian juga diberikan deskripsi lain yang lebih personal walaupun tidak sepenuhnya akurat.

Para subjek penelitian ternyata lebih memercayai deskripsi yang dibuat secara personal untuk mereka. Efek Barnum juga membuat mereka lebih percaya pada kalimat yang bersifat positif dan tidak meyakini pernyataan negatif.

Efek Barnum memang membuat banyak orang percaya pada horoskop dan beragam tes kepribadian yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Meski demikian, efek ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk menanamkan sugesti baik kepada orang lain.

Manusia cenderung meyakini sifat-sifat baik yang ada pada dirinya. Jadi, Anda dapat memanfaatkan ini untuk membuat diri sendiri maupun orang lain menjadi seseorang yang lebih baik lagi.