Manfaat puasa bagi kesehatan

Ilustrasi: Hotze Health & Wellnes Center

Puasa ramadhan merupakan ibadah yang rutin dilaksanakan setiap setahun sekali, dimana puasa diwajibkan untuk menahan lapar dan haus di siang hari bagi umat muslim di seluruh dunia hingga waktu berbuka. Sebenarnya tidak hanya puasa ramadhan saja bagi umat muslim yang dapat dilaksanakan, namun banyak puasa sunnah yang dapat dilakukan oleh sebagian orang sesuai dengan niat dan kemampuan. 

Tahukah bahwa puasa memiliki manfaat bagi kesehatan kita, tidak hanya fisik namun juga mental tentunya. Tentu saja dengan menahan lapar dan haus selama beberapa jam tubuh  kita akan merasakan sensasi yang berbeda ketika kkita dapat makan dan minum di saat beraktifitas. Namun, hal ini tidak menghambat seseorang bahwa puasa harus berdiam diri tentu saja ini tidak sepenuhnya benar, karena dengan berpuasa kita tetap beraktifitas seperti biasa.

Banyak sekali manfaat puasa kesehatan fisik seperti yang dirangkum pada beberapa temuan oleh dokter ahli gizi, antara lain:

  1. Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah
  2. Mencegah Obesitas
  3. Menurunkan Kadar Kolesterol
  4. Menurunkan Tingkat Stress
  5. Meningkatkan Hormon Baik
  6. Menunda Penuaan dan Memperpanjang Usia
  7. Meningkatkan Fungsi Otak
  8. Mencegah Gangguan Neodegeneratif
  9. Mencegah Pertumbuhan Kanker
  10. Membentuk Pola Makan Teratur
  11. Menjadi Detoks Tubuh
  12. Mengurangi Infeksi atau Peradangan 
  13. Mengistirahatkan Organ Pencernaan
Hal tersebut bedasarkan penelitian yang telah dikaji oleh para dokter gizi, beberapa eksperimen juga telah dilakukan dan hasilnya sangat positif dan baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun hal ini sesuai dengan kemampuan seseorang secara optimal dan yang mampu menjalaninya. Puasa telah terbukti dapat memelihara ksehatan fisik, karena apa yang kita makan dibatasi oleh diri kita. 


Selain manfaat dalam memelihara secara fisik manfaat puasa juga terbukti dapat menjaga kesehatan mental kita, hal ini banyak dipaparkan oleh psikolog tentang manfaat baik puasa bagi kesehatan mental seperti kontorl diri, hal ini dapat kita rasakan seperti:
  1. Mengurangi Stress
  2. Meningkatkan Suasana Hati
  3. Meningkatkaan Memori
  4. Menjauhkan Diri dari Kebiasaan Negatif
  5. Mencegah Depresi
  6. Mengurangi Kecemasan
  7. Mengontorl Mood Untuk Selalu Positif
  8. Meningkatkan Kepercayaan Diri
  9. Mengobati Gangguan Mental
Beberapa hal positif tentang kesehatan saat puasa merupakan dambaan bagi kebanyakan orang termasuk kita. Maka puasa adalah salah satu obat yang paling mudah dilakukan oleh siapapun, namun perlu diperhatikan juga bahwa ketika berbuka dan sahur harus diimbangi dengn makanan yang higienis dan baik saat pengolahan agar bakteri jahat tidak larut dalam tubuh. Tidak hanya manfaat fisiologis yang dirasakan secara psikologispun juga kita rasakan, sehingga kita bisa menjaga kesehatan fisik dan mental melalui puasa.