Lima Bidang Psikologi Paling Diminati

uxdesign.cc

Salah satu asosiasi yang paling dikenal di dunia psikologi adalah American Psychological Association (APA), membagi psikologi ke beberapa bidang seperti psikologi forensik, olahraga, dan masih banyak lainnya


Namun saat ini kita tidak membahas secara keseluruhan, kita akan fokus pada lima bidang minat psikologi yang paling umum diminati oleh mahasiswa saat ini dan ketersediaan bidang psikologi pada universitas di Indonesia pada umumnya.

1. Bidang Psikologi Industri dan Organisasi (PIO)

Istilah PIO sendiri sering digunakan di Amerika dan Indonesia, sedangkan di Eropa memiliki istilah Work, Organizational, and Personnel Psychology atau ada juga yang bilang Occupational Psychology dan masih banyak lagi istilah dari bidang ini yang sebetulnya sama-sama mempelajari tentang Industri dan Organisasi.

PIO sendiri mempelajari tentang dasar dari Industri dan Organisasi, dari belajar bagaimana cara membuat visi dan misi, budaya perusahaan dan sistem organisasi, teknik interview saat melakukan rekrutmen, dan sebagainya yang berhubungan dengan sumber daya manusia (SDM). Namun pada kenyataannya ketika memasuk dunia kerja yang perusahaannya sudah berdiri, sangat jarang kita melakukan hal tersebut. Maksimal kita melakukan proses rekrutmen, training and pengembangan karyawan.

Biasanya, lulusan Psikologi akan masuk ke divisi HRD. Namun, divisi HRD sendiri memiliki banyak cabang seperti payroll, legal, rekrutmen ,pelatihan, dan pengembangan karyawan, dan masih banyak lagi istilah dari subdivisi HRD tergantung pada kebutuhan organisasi perusahaan.

2. Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan sangat erat hubungannya dengan dunia pendidikan beserta isinya seperti tenaga pendidik, murid, kurikulum belajar mengajar, evaluasi murid-pengajar, beserta program-program yang akan dijalankan pada satu semester.

Teori pada psikologi pendidikan juga memberi insipirasi kepada orang-orang yang membuat alat bantu atau mainan untuk anak. Selain itu psikologi pendidikan memberikan berbagai teknik dan inovasi dalam mengajar agar tercapai tujuan belajar yang hendak dicapai.

Baca juga: Psikologi Saintek dan Soshum

3. Psikologi Klinis


Psikologi klinis merupakan salah satu cabang psikologi yang mempelajari tentang gangguan emosional, perilaku, dan kesehatan mental.

Banyak dari kita terkadang sering nge-judge diri kita sendiri kalau kita punya sebuah gangguan mental misalnya stres, depresi, berkepribadian ganda, obsessive compulsive disorder (OCD), dan masih banyak lagi gangguan-gangguan mental yang sering kita dengar dan mencoba untuk mendiagnosis sendiri tanpa bantuan ahli.

4. Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan merupakan cabang psikologi yang mempelajari manusia dari awal lahir di dunia sampai tua dan menjelang kematian. Sesuai dengan nama dan apa yang dipelajari, banyak sekali teori tahap perkembangan manusia, salah satunya yang terkenal adalah tahap perkembangan Erik Erickson. 

Psikologi Perkembangan tidak hanya mempelajari satu aspek saja, melainkan banyak aspek yang di pelajari seperti teori perkembangan kognitif, kelekatan (attachment), dan aspek-aspek lainnya. 

5. Psikologi Sosial

Menurut Gordon W. Allport, Psikologi Sosial adalah ilmu yang menjelaskan bagaimana cara individu bereaksi (tingkah laku dan cara berpikir) yang dipengaruhi oleh orang lain. Lingkaran keluarga atau masyarakat yang ada disekitar individu mempengaruhi responnya terhadap suatu stimulus.

Pada umumnya psikologi sosial sama halnya dengan bidang ilmu lainnya karena lingkupnya kepada lingkungan dan manusia. Yang memberikan pembeda  adalah psikologi sosial lebih terkonsep pada dinamika pada kehidupan sosial di masyarakat kelompok.