Mengenal Demensia

lindiceonline.com

Demensia merupakan istilah umum, menggambarkan gejala yang terjadi ketika otak dipengaruhi oleh penyakit atau kondisi tertentu. Ada berbagai jenis demensia, meskipun ada beberapa yang lebih umum daripada yang lain karena sering dinamai sesuai dengan kondisi yang telah menyebabkan demensia tersebut.

Istilah demensia menggambarkan serangkaian gejala yang mencakup kehilangan memori, perubahan suasana hati, masalah dengan komunikasi dan penalaran. Gejala ini terjadi ketika otak mengalami kerusakan oleh penyakit atau kondisi tertentu termasuk penyakit Alzheimer.

Usia Rentan

Usia merupakan faktor risiko terbesar untuk demensia. Demensia mempengaruhi satu dari 14 orang di atas usia 65 tahun dan satu dari enam di atas usia 80 tahun.

Terapi dan Pengobatan

Pengobbatan dengan cara medis belum tentu dapat menyembuhkan Demensia meski dengan penggunaan obat-obatan, namun terdapat beberapa cara dalam memberikan terapi bagi penderita Demensia antara lain:

• Terapi Okupasi, yaitu dengan cara memodifikasi perilaku dan kebiasaan penderita Demensia.
  • Terapi Kognitif, dengan meringankan gejala yang muncul akibat penyakit Demensia.

Mencegah Demensia

Adapun cara untuk mencegah terjadinya Demensia yaitu dengan mengubah kebiasaan buruk yang lama dengan yang baru, meliputi:

• Olahraga teratur,
  • Rutinitas pagi setelah bangun dan sebelum bangun tidur,
  • Membuat jadwal kalender yang rinci sebagai pengingat,
  • Berbicara yang pelan dan santai tanpa emosi.

Referensi :

1. https://thedoctorweighsin.com/dementia-facts-stats/