Mengenal Alzheimer

iStock

Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia. Selama sakit berlangsung, zat kimia dan struktur otak berubah sehingga menyebabkan kematian sel-sel otak.

Pengertian Alzheimer

Penyakit Alzheimer pertama kali dijelaskan oleh ahli saraf Jerman, yaitu Alois Alzheimer, merupakan penyakit fisik yang mempengaruhi otak. Selama berjalannya waktu penyakit protein plak dan serat yang berbelit berkembang dalam struktur otak yang menyebabkan kematian sel-sel otak. Orang dengan Alzheimer juga memiliki kekurangan beberapa bahan kimia penting dalam otak mereka. Bahan kimia ini terlibat dengan pengiriman pesan dalam otak.

Alzheimer merupakan penyakit progresif, bertahap dari waktu ke waktu dan menyebabkan lebih banyak bagian otak yang rusak. Karena itulah gejala yang muncul menjadi lebih parah.

Baru-baru ini beberapa dokter telah mulai menggunakan istilah Mild Cognitive Impairment (MCI) yaitu kerusakan kognitif ringan ketika seseorang memiliki kesulitan mengingat hal-hal atau berpikir jernih tetapi gejalanya tidak cukup berat untuk mengarah ke diagnosis penyakit Alzheimer. Penelitian terbaru menunjukan bahwa orang dengan MCI memiliki peningkatan risiko untuk berkembang ke penyakit Alzheimer. Namun, peningkatan dari MCI ke Alzheimer rendah (sekitar 10%-20% setiap tahun) dan akibatnya diagnosis MCI tidak selalu berarti bahwa orang tersebut akan terus berkembang menjadi Alzheimer.

Penyebab Alzheimer

  • Usia, seiring perkembangan waktu kekuatan fisik terutama otak sangat berimbas pada penyakit Alzheimer, usia rentan terjadi 65-80 tahun ke atas.
  • Faktor Genetik, biasanya orangtua yang terkena Alzheimer akan rentan mewariskan gen ini juga.
  • Faktor Lingkungan, tidak diragukan lagi bahwa lingkungan menjadi kontribusi dalam munculnya alzhaimer tanpa disadari.
  • Faktor Lain-lain, merokok, program diet, tekanan darah menjadi penyebab munculnya Alzheimer.

Baca juga: Mengenal Kepribadian Ganda

Tahap terjadinya Alzheimer

Hingga sejauh ini, tidak ada satu faktor utama yang telah diidentifikasi sebagai penyebab penyakit Alzheimer. Sangat mungkin bahwa kombinasi beberapa faktor mempengaruhi seperti usia, pembawaan genetik, faktor lingkungan, gaya hidup dan kesehatan umum. Pada beberapa orang, penyakit ini dapat berkembang diam-diam selama bertahun-tahun sampai gejalanya muncul.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Terdapat beberapa cara agar penyakit Alzheimer tidak menjangkit, yaitu dengan cara sebagai berikut:
  • Berhenti merokok,
  • Menjaga berat badan tetap ideal,
  • Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang,
  • Rutin berolahraga,
  • Mengonsumsi suplemen omega 3,
  • Senam otak,
  • Rajin membaca buku.
Penyakit Alzheimer rentan terjadi oleh tiap individu karena bergerak secara progresif. Penyakit Alzheimer tergantung terjadi oleh banyak faktor termasuk kondisi fisik, ketahanan emosional, dukungan bagi individuyang mengalaminya, serta gaya hidup.



Referensi: 

  1. https://alzi.or.id/alzheimer-demensia/
  2. https://www.alodokter.com/penyakit-alzheimer